Sms centre
082386077755

Untuk meningkatkan Pelayanan informasi Publik, Pengadilan Negeri Solok Kelas II menyediakan layanan SMS Centre terhadap pencari keadilan.
Jam Kerja 08.00 sd 16.30 WIB

Pelayanan Prima

PENGADILAN NEGERI SOLOK KELAS II SIAP MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA BAGI MASYARAKAT PENGGUNA PENGADILAN DIMANA PETUGAS PELAYANAN PUBLIK PRO AKTIF UNTUK MENEMUI DAN MENANYAKAN KEPADA MASYARAKAT YANG BERKUNJUNG DI PENGADILAN APAKAH PELAYANAN DILAKSANAKAN SECARA MAKSIMAL TERHADAP PENGGUNA PENGGADILAN DI PENGADILAN NEGERI SOLOK KELAS II

Arrow
Arrow
Slider

Hot News

Berita

  • IT-PN.Solok: Hari ini Jumat tanggal 27 Oktober 2017 Kami seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Solok menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 89 Tahun 2017 bertempat di halaman...

    Selengkapnya

  • IT-PN.Solok: Hari Senin tanggal 02 Oktober 2017, kami Pengadilan Negeri Solok telah melaksanakan Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (One Gate Service)  yang Berbasis IT. Demi penyempurnaan...

    Selengkapnya

  • IT-PN.Solok : Hari ini Selasa tanggal 17 Oktober 2017 KPN Solok beserta Hakim, para Panmud, Wakil Panitera dan juga Panitera mengadakan Sosialisasi di Ruang Rapat Ketua Pengadilan Negeri Solok....

    Selengkapnya

Artikel

  • IT-PN.Solok, Rabu 22 November 2017.  Sehubungan dengan telah diterbitkannya Keputusan Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI Nomor 250/BUA/KP.03/10/2017 tanggal 25 Oktober 2017...

    Selengkapnya

  •     IT-PN.Solok, Tanggal 20 Nopember 2017. Ketua Kamar Pengawasan YM. Bapak Dr. H. Sunarto, SH.M.Hum, YM. Bapak Dr. Ibrahim, SH. MH., LLM., YM. Ibu Maria Anna Samiyati, SH. MH. ...

    Selengkapnya

  • IT.PN.Solok: Sehubungan telah diterapkannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu di beberapa pengadilan negeri dalam rangka memberikan layanan prima terhadap para pencari keadilan, bersama ini Direktorat...

    Selengkapnya

Pengumuman

  • Sesuai dengan Surat Badan Urusan Administrasi Nomor 254/BUA/OT.01.3/11/2015 tanggal 27 Nopember 2015 perihal Tampilan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Menu Website Satker,...

    Selengkapnya

  • DOKUMEN TERKAIT   »  RKA-KL DIPA 01 Tahun 2017 »  RKA-KL DIPA 03 Tahun 2017

    Selengkapnya

  • A. Jam Kerja :     Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 WIB s.d. pukul 16.30 WIB     Hari Jumat pukul 08.00 WIB s.d. 17.00 WIB B. Jam Istirahat :    ...

    Selengkapnya

Informasi Perkara Lalu-lintas (Tilang)

Berdasarkan Peraturan mahkamah Agung No. 12 Tahun 2016 Tentang Tatacara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu-lintas, Sidang Perkara Lalu-lintas (Tilang) diputus tanpa hadirnya Pelanggar, bayar denda dan pengambilan barang bukti pada kasir Kejaksaan Negeri Solok dengan menunjukkan Bukti Pembayaran Denda.

Tatacara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu-lintas:

  1. Pelanggar tidak perlu hadir di persidangan

  2. Perkara Lalu-lintas di Pengadilan Negeri Solok diputus setiap Hari Kamis tiap minggunya  

  3. Pelanggar tinggal “LIHAT”, “BAYAR” dan “AMBIL”

  4. Besaran Denda dapat di “LIHAT” pada:

    • Website PN Solok, Akses tilang klik disini: http://tilang.pn-solok.go.id/ 

    • Download gratis di Playstore pada smartphone Android anda, cari “ Tilang PN Solok”   

    • Papan Pengumuman Info Tilang di Pengadilan Negeri Solok (Jl. Lubuk Sikarah No. 32)   

    • Besaran Denda baru akan tersedia diatas Jam 08.00 WIB 

  5. “BAYAR” denda di Kantor Kejaksaan Negeri Solok

  6. “AMBIL” barang bukti di Kantor Kejaksaan Negeri Solok  

 

 

 

 

IT-PN.Solok, Tanggal 20 Nopember 2017. Ketua Kamar Pengawasan YM. Bapak Dr. H. Sunarto, SH.M.Hum, YM. Bapak Dr. Ibrahim, SH. MH., LLM., YM. Ibu Maria Anna Samiyati, SH. MH.  memberikan materi dalam Consulting Dalam Rangka Rapat Koordinasi Peningkatan Pengawasan 4 Lingkungan Peradilan Se Wilayah Maluku Utara, Tanggal 17-18 Nopember 2017. Ketua Kamar Pengawasan menyampaikan bahwa Mahkamah Agung saat ini sedang mengembangkan menajemen anti suap dan anti KKN sebagai upaya untuk  mewujudkan Visi dan Misi Mahkamah Agung.

 

 

Mahkamah Agung akan terus menerus meningkatkan upaya pengawasan dan pembinaan sebagai strategi melakukan penyadaran dan meningkatkan integritas serta menumbuhkan budaya malu, karena rasa malu merupakan ciri kesempurnaan akhlaq aparatur.  Harga  diri manusia terletak pada memiliki rasa malu.

Membangun kepercayaan public sangat penting dilakukan yang diawali dengan  merubah  budaya kerja    ( culture set ). Diharapkan perubahan budaya kerja tumbuh dari dalam pikiran diri sendiri ( mindset),  yang berkomitmen meninggalkan perbuatan tercela dan melakukan perbuatan yang terpuji. Mengubah budaya kerja yang dimulai dari mengubah pikiran dirinya sendiri akan  melahirkan ethos kerja yang tinggi.

 

 

Pengawasan yang didalamnya juga menyampaikan materi pembinaan , dipandu oleh Bapak Aviantara, SH. MH, Inspektur Wilayah IV Badan Pengawasan Mahkamah Agung mendapatkan respon positif dari para peserta, yaitu para Panitera dan Sekretaris diwilayah hukum Maluku Utara. Dalam kesempatan ini Dr. H. Sunarto, SH. M.Hum. Juga menyampaikan pentingnya keteladanan atau role model. Pimpinan ideal harus mampu menjadi dan memberikan keteladanan yang baik.

 

 

Pimpinan Mahkamah Agung masih menganggap penting melakukan pengawasan dan didalammya juga melakukan pembinaan secara langsung. Ibu Maria Anna Samiyati  mengingatkan, bahwa pengadilan merupakan lembaga pelayanan, maka semua aparat pengadilan harus sadar, bahwa dirinya bekerja untuk melayani dan bukan minta dilayani. Sementara Dr. Ibrahim, SH. MH. LLM menyatakan bahwa pertemuan ini merupakan upaya sillaturahmi. Sillaturrahmi merupakan upaya menyambung satu kesatuan rasa dari Mahkamah Agung sampai ke Pengadilan Tingkat Pertama. Semua aparatur   wajib  saling mengingatkan agar berbuat baik serta senantiasa bersabar.

Dalam  upaya mendapatkan kualitas sumber daya manusia yang diharapkan, kreterianya harus jelas, antara lain memiliki integritas moral yang tinggi, jujur, arif dan bijaksana dan mandiri. Sifat sifat tersebut merupakan watak dan  jiwa pembawaan dari lahir. Sifat sifat tersebut dikelola dengan baik maka akan melahirkan sikap yang mulia dan diharapkan ; antara lain adil, disiplin,  tanggung jawab, menjunjung tinggi harga diri, rendah hati dan professional.

Kabiro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI.