Pengadilan Negeri Solok dahulunya adalah bagian dari Pengadilan Negeri Sawahlunto. Kemudian pada tahun 1962 berpisah dari Pengadilan Negeri Sawahlunto menjadi Pengadilan Negeri Solok, dengan daerah hukumnya meliputi Kabupaten Solok dan Kota Solok (yang pada saat itu masih merupakan Nagari Solok, dan menjadi Kotamadya Solok pada tahun 1980).

Pada Tahun 1984 Pengadilan Negeri Solok dipisah menjadi 2(dua) yaitu Pengadilan Negeri Solok dan Pengadilan Negeri Kotobaru, Pengadilan Negeri Solok  dengan wilayah hukum Kota Solok 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Lubuk Sikarah dan Kecamatan Tanjung Harapan ditambah 4 Kecamatan dari Kabupaten Solok bagian Utara yaitu Kecamatan X Koto Diatas, X Koto Singkarak, IX Koto Sungai Lasi dan Kecamatan Junjung Sirih, dan Pengadilan Negeri Kotobaru dengan wilayah hukum Kabupaten Solok selain 4 Kecamatan Bagian utara tersebut.

Menjelang Tahun 2004, Pengadilan Negeri Solok berada dibawah Departemen Hukum dan HAM, dan baru pada Tahun 2004 seluruh Peradilan di Indonesia berada satu atap dibawah Mahkamah Agung RI.