Ketua

  1. Menyelenggarakan administrasi keuangan perkara dan mengawasi keuangan rutin/pembangunan.
  2. Melakukan pengawasan secara rutin terhadap pelaksanaan tugas dan memberi petunjuk serta bimbingan yang diperlukan, baik bagi para hakim, panitera, sekretaris, pejabat struktural dan fungsional, serta perangkat administrasi peradilan di daerah hukumnya.
  3. Menjaga agar penyelenggaraan peradilan terselenggara dengan wajar dan seksama.
  4. Sebagai kawal depan Mahkamah AgungRI, yaitu dalam melakukan pengawasan atas:
    • Penyelenggaraan peradilan dan pelaksanaan tugas hakim, kepaniteraan dan kesekretariatan.
    • Masalah-masalah yang timbul.
    • Tingkah laku/perbuatan para hakim, panitera, sekretaris, pejabat struktural dan fungsional, serta perangkat administrasi peradilan di daerah hukumnya.
    • Masalah eksekusi yang berada di wilayah hukumnya untuk diselesaikan dan dilaporkan kepada Mahkamah Agung
  5. Memberikan izin berdasarkan ketentuan undang-undang untuk membawa keluar dari ruang kepaniteraan: daftar, catatan, risalah, berita acara serta berkas perkara.
  6. Menetapkan panjar biaya perkara (dalam hal penggugat atau tergugat tidak mampu, ketua dapat mengizinkan untuk beracara secara prodeo atau tanpa membayar biaya perkara).

Wakil Ketua

  1. Membantu ketua dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya, serta pengorganisasiannya.
  2. Mewakili ketua bila berhalangan.
  3. Melaksanakan delegasi wewenang dari ketua.
  4. Melakukan pengawasan intern untuk mengamati apakah pelaksanaan tugas telah dikerjakan sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan yang berlaku, serta melaporkan hasil pengawasan tersebut kepada ketua.

Hakim

  1. Melaksanakan tugas kekuasaan kehakiman di daerah hukumnya.
  2. Menerima, memeriksa dan mengadili serta menyelesaikan semua perkara yang diajukan kepadanya.
  3. Dalam perkara perdata, membantu para pencari keadilan,mengatasi hambatan-hambatan dan rintangan agar terciptanya peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Panitera

  1. Menyelenggarakan administrasi perkara, dan mengatur tugas para panitera muda, panitera pengganti, serta seluruh pelaksana di bagian teknis pengadilan.
  2. Bertanggungjawab atas pengurusan berkas perkara, putusan, dokumen, akta, buku daftar, biaya perkara, uang titipan pihak ketiga, surat-surat bukti dan surat-surat lainnya yang disimpan di kepaniteraan.
  3. Membuat salinan putusan menurut ketentuan undang-undang yang berlaku.
  4. Menerima dan mengirimkan berkas perkara.
  5. Melaksanakan eksekusi putusan perkara perdata yang diperintahkan oleh ketua pengadilan dalam jangka waktu yang ditentukan.

Panitera Muda Perdata

  1. Membantu hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.
  2. Melaksanakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara perdata.
  3. Memberi nomor register pada setiap perkara yang diterima di kepaniteraan perdata.
  4. Menyerahkan salinan putusan kepada para pihak yang berperkara bila diminta.
  5. Menyiapkan berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi atau peninjauan kembali.
  6. Menyerahkan berkas perkara in aktif kepada panitera muda hukum.

Panitera Muda Pidana

  1. Membantu hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.
  2. Melaksanakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara pidana.
  3. Memberi nomor register pada setiap perkara yang diterima di kepaniteraan pidana.
  4. Menyerahkan salinan putusan kepada jaksa, terdakwa atau kuasanya dan lembaga pemasyarakatan apabila terdakwa ditahan.
  5. Menyiapkan berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi atau peninjauan kembali.
  6. Menyerahkan berkas perkara in aktif kepada panitera muda hukum.

Panitera Muda Hukum

  1. Membantu hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.
  2. Mengumpulkan, mengolah dan mengkaji data, menyajikan statistik perkara, menyusun laporan perkara, menyimpan arsip berkas perkara dan tugas lain yang diberikan berdasarkan peraturan yang berlaku.

Panitera Pengganti

  1. Membantu hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya persidangan.
  2. Membuat berita acara persidangan.
  3. Membantu hakim dalam melaporkan kepada panitera muda bersangkutan berkenaan dengan penundaan hari sidang, perkara yang sudah putus berikut amar putusannya.
  4. Menyerahkan berkas perkara kepada panitera muda bersangkutan bila telah selesai diminutasikan.

Jurusita/Jurusita Pengganti

  1. Melaksanakan semua perintah yang diberikan oleh ketua pengadilan, ketua majelis dan panitera.
  2. Melaksanakan pemanggilan atas perintah ketua pengadilan atau atas perintah hakim.
  3. Menyampaikan pengumuman-pengumuman, teguran-teguran, protes-protes dan pemberitahuan putusan pengadilan menurut cara-cara berdasarkan ketentuan undang-undang.
  4. Melakukan penyitaan atas perintah ketua pengadilan dan dengan teliti melihat lokasi batas-batas tanah yang disita beserta surat-surat yang sah apabila menyita tanah.
  5. Membuat berita acara penyitaan yang salinan resminya diserahkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, antara lain kepada BPN (Badan Pertanahan Nasional) setempat bila terjadi penyitaan sebidang tanah.

Sekretaris

  1. Menyelenggarakan administrasi umum pengadilan.
  2. Mengkoordinir tugas-tugas kepala sub bagian umum dan keuangan, kepala sub bagian kepegawaian, organisasi dan tata laksana, dan kepala sub bagian perencanaan, teknologi informasi, dan pelaporan, serta seluruh pelaksana di bagian kesekretariatan.
  3. Sebagai pejabat pembuat komitmen/penanggung jawab kegiatan bertugas:
    • Membuat dan menandatangani kontrak/SPK dan surat-surat lain yang berhubungan dengan pengadaan barang/jasa atau membuat perikatan dengan pihak penyedia barang/jasa yang mengakibatkan pengeluaran anggaran belanja.
    • Menyiapkan dokumen pendukung yang lengkap dan benar serta membuat dan menandatangani Surat Permintaan Pembayaran (SPP) yang dikirimkan ke Kuasa Pengguna Anggaran kemudian diteruskan kepada Sub Bagian Keuangan.
    • Membuat evaluasi dan laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala.
  4. Selaku kuasa pengguna anggaran,bertanggung jawab atas penggunaan anggaran.
  5. Selaku kuasa pengguna barang bertanggung jawab atas keberadaan dan pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN).

Sub Bagian Umum dan Keuangan

  1. Mencatat dan mendistribusikan surat-surat masuk dan surat-surat keluar.
  2. Menyelenggarakan pengadaan barang persediaan untuk keperluan operasional kantor.
  3. Menyimpan dan memelihara surat-surat bukti kepemilikan barang milik negara.
  4. Menyelenggarakan administrasi persediaan dan barang milik negara serta membuat Laporan Barang Milik Negara Semester dan Tahunan.
  5. Menyelenggarakan perawatan pelengkapan kantor dan gedung kantor sesuai dengan rencana dan anggaran yang telah ditetapkan.
  6. Mengkoordinir dan mengawasi keamanan kantor dengan bekerja sama baik dengan pengamanan internal maupun dengan instansi terkait untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan operasional kantor.
  7. Mengkoordinir dan mengawasi kebersihan gedung dan halaman kantor.
  8. Menyelenggarakan administrasi perpustakaan.
  9. Menyusun rencana kegiatan dan penarikan dana pada tahun berjalan.
  10. Menyusun rencana kerja dan anggaran untuk tahun anggaran berikutnya.
  11. Menerima dan menguji SPP beserta kelengkapannya untuk kemudian menerbitkan SPM.
  12. Melaksanakan tugas perbendaharaan yang bersumber dari PNBP dan APBN (DIPA).
  13. Membuat laporan keuangan secara periodik (bulanan, triwulanan, semesteran dan tahunan).
  14. Menata dan memelihara dokumen penerimaan dan belanja negara.

Sub Bagian Kepegawaian Organisasi Tata Laksana

  1. Menata dan memelihara file/berkas kepegawaian pegawai.
  2. Menyusun dan membuat Daftar Urut Kepangkatan, Daftar Urut Senioritas dan bezetting.
  3. Mengusulkan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil, kenaikan pangkat, pengangkatan dalam jabatan, mutasi, tanda kehormatan dan pensiun.
  4. Mengusulkan penerbitan asuransi kesehatan, karpeg, karis/karsu dan taspen.
  5. Mempersiapkan bahan dan mencatat seluruh hasil rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).
  6. Menyiapkan penyelenggaraan pengambilan sumpahPNS dan pengambilan sumpah/pelantikan jabatan.
  7. Membuat surat keputusan kenaikan gaji berkala dan surat pernyataan masih menduduki jabatan.
  8. Mengusulkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan

  1. Melaksanakan penyiapan bahan pelaksanaan perencanaan, program, dan anggaran, pengelolaan teknologi informasi, dan statistik, serta pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan dokumentasi serta pelaporan.
  2. Menindaklanjuti surat masuk atau keluar Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan.
  3. Membuat rencana pengelolaan anggaran DIPA 01 dan DIPA 03.
  4. Membuat usulan RKAKL DIPA 01 dan DIPA 03 tiap tahun anggaran untuk disampaikan ke Pengadilan Tinggi Padang dan Mahkamah Agung RI.
  5. Melakukan Revisi Anggaran jika diperlukan, baik Revisi DIPA maupun Revisi POK.
  6. Membuat Rencana Kerja Tahunan dan Perjanjian Kerja Tahunan.
  7. Menyusun dan membuat Program Kerja.
  8. Monitoring berjalannya seluruh aplikasi perkantoran pada kepaniteraan dan kesekretariatan.
  9. Melakukan pengelolaan situs web.
  10. Menyusun dan mengirim aplikasi e-Monev.
  11. Menyusun dan membuat Laporan Tahunan.
  12. Menyusun dan membuat Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP)