Sms centre
082386077755

Untuk meningkatkan Pelayanan informasi Publik, Pengadilan Negeri Solok Kelas II menyediakan layanan SMS Centre terhadap pencari keadilan.
Jam Kerja 08.00 sd 16.30 WIB

Pelayanan Prima

PENGADILAN NEGERI SOLOK KELAS II SIAP MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA BAGI MASYARAKAT PENGGUNA PENGADILAN DIMANA PETUGAS PELAYANAN PUBLIK PRO AKTIF UNTUK MENEMUI DAN MENANYAKAN KEPADA MASYARAKAT YANG BERKUNJUNG DI PENGADILAN APAKAH PELAYANAN DILAKSANAKAN SECARA MAKSIMAL TERHADAP PENGGUNA PENGGADILAN DI PENGADILAN NEGERI SOLOK KELAS II

Arrow
Arrow
Slider

Hot News

Berita

  • Senin 12 November 2018, bertempat di Halaman Depan Kantor Pengadilan Negeri Solok seluruh warga Pengadilan Negeri Solok, dari unsur pimpinan sampai dengan tenaga honorer mengikuti kegiatan Upacara...

    Selengkapnya

  • Solok- IT: Untuk menindaklanjuti perintah dari Mahkamah Agung dalam pelaksanaan Program Prioritas Nasional Tahun Anggaran 2018 mengenai kemudahan berusaha dalam Aplikasi e-court, maka hari ini...

    Selengkapnya

  •         Solok, Menindaklanjuti Surat Edaran Mentri Pemuda dan Olahraga RI Nomor: 10.15.1/Menpora/DII/X/2018 tanggal 15 Oktober 2018 tentang Peringatan Hari Sumpah Pemuda...

    Selengkapnya

Artikel

  • MA Serahkan Bantuan 1 M Di Desa Kekait, Lombok Barat Korban Gempa https://mahkamahagung.go.id/id/berita/3192/ma-serahkan-bantuan-1-m-di-desa-kekait-lombok-barat-korban-gempa

    Selengkapnya

  • Akreditasi Menuju Peradilan Modern https://view.publitas.com/badilum/akreditasi-menuju-peradilan-modern/

    Selengkapnya

  • Solok-IT : Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. Hatta Ali, SH., MH., beserta jajaran pimpinan MA melakukan pemantaun persiapan acara Pembekalan CPNS-Calon Hakim (cakim) di Lingkungan Mahkamah Agung Tahun...

    Selengkapnya

Pengumuman

  • Sesuai dengan Surat Badan Urusan Administrasi Nomor 254/BUA/OT.01.3/11/2015 tanggal 27 Nopember 2015 perihal Tampilan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Menu Website Satker,...

    Selengkapnya

  • DOKUMEN TERKAIT   »  RKA-KL DIPA 01 Tahun 2017 »  RKA-KL DIPA 03 Tahun 2017

    Selengkapnya

  • A. Jam Kerja :     Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 WIB s.d. pukul 16.30 WIB     Hari Jumat pukul 08.00 WIB s.d. 17.00 WIB B. Jam Istirahat :    ...

    Selengkapnya

Informasi Perkara Lalu-lintas (Tilang)

Berdasarkan Peraturan mahkamah Agung No. 12 Tahun 2016 Tentang Tatacara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu-lintas, Sidang Perkara Lalu-lintas (Tilang) diputus tanpa hadirnya Pelanggar, bayar denda dan pengambilan barang bukti pada kasir Kejaksaan Negeri Solok dengan menunjukkan Bukti Pembayaran Denda.

Tatacara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu-lintas:

  1. Pelanggar tidak perlu hadir di persidangan

  2. Perkara Lalu-lintas di Pengadilan Negeri Solok diputus setiap Hari Kamis tiap minggunya  

  3. Pelanggar tinggal “LIHAT”, “BAYAR” dan “AMBIL”

  4. Besaran Denda dapat di “LIHAT” pada:

    • Website PN Solok, Akses tilang klik disini: http://tilang.pn-solok.go.id/ 

    • Download gratis di Playstore pada smartphone Android anda, cari “ Tilang PN Solok”   

    • Papan Pengumuman Info Tilang di Pengadilan Negeri Solok (Jl. Lubuk Sikarah No. 32)   

    • Besaran Denda baru akan tersedia diatas Jam 08.00 WIB 

  5. “BAYAR” denda di Kantor Kejaksaan Negeri Solok

  6. “AMBIL” barang bukti di Kantor Kejaksaan Negeri Solok  

 

 

Solok- IT: Untuk menindaklanjuti perintah dari Mahkamah Agung dalam pelaksanaan Program Prioritas Nasional Tahun Anggaran 2018 mengenai kemudahan berusaha dalam Aplikasi e-court, maka hari ini Jum'at, tanggal 09 November 2018 Pengadilan Negeri Solok melaksanakan acara Sosialisasi e-court yang bekerja sama dengan pihak Bank BRI dan dihadiri seluruh pegawai di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Solok.

yang mana acara tersebut disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Solok Bapak Dony Dortmund,S.H.,M.H., mengenai penerapan sistem Aplikasi e-court di semua Peradilan, dan menjelaskan bagaimana penerapan e-court secara umum. Beliau juga menjelaskan bahwa e-court merupakan singkatan dari elektronik court. Pelaksanaan e-court berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi perkara di Pengadilan secara elektronik dan SK Dirjen Badilum Nomor 271/DJU/SK/PS01/4/2018.

    

Disini Pihak Bank BRI menjelaskan secara gamblang tentang apa itu Aplikasi e-court. Ada 3 (tiga) hal penting dalam e-court, yaitu : Aplikasi e-court, Pengguna Terdaftar, dan Domisili elektronik. Aplikasi tersebut terintegrasi dengan aplikasi SIPP. e-court adalah Aplikasi semacam surat elektronik. Aplikasi ini bisa diakses melalui browser di komputer. Caranya, advokat atau pengacara mendaftarkan diri untuk membuat akun. Prosedurnya mirip dengan pendaftaran akun aplikasi lain. Data identitas lengkap dituliskan di registrasi, termasuk foto legalitas sebagai advokat. Setelah memiliki akun e-court, advokat bisa mendaftarkan perkara perdata kliennya melalui akun tersebut. Setelah berkas diperiksa, pengadilan akan mengirimkan pemberitahuan melalui email atau e-court pemilik akun. "Kapan jadwal sidangnya, aplikasi ini akan mengabarkan melalui email atau akun dari advokat yang sudah teregristasi,"

Untuk pemaparan tentang e-court lebih lanjut akan diulas khusus dengan bagian Kepaniteraan Perdata, serta akan diadakan sosialisasi lanjutan dengan advokat/ pengacara, agar mereka mengetahui e-court dan segera mendaftarkan diri atau memiliki akun e-court.